Cara Memanfaatkan Video di youtube untuk Meningkatkan Ranking Website
artikel ini akan membahas bagaimana cara Meningkatkan Ranking Website dengan video youtube Pengguna internet mungkin tidak menunggu lebih dari lima detik agar situs web dimuat, namun mereka bersedia menghabiskan 2,7 menit menonton video online. Video sangat kuat. Begitu kuatnya, pada kenyataannya, anda bisa menonton 6 miliar jam konten YouTube setiap bulan.
Tahukah Anda bahwa YouTube adalah mesin pencari terbesar kedua di dunia, setelah Google? Platform ini menghasilkan sekitar 100 miliar tampilan halaman setiap bulan yang dapat Anda ambil dan ubah menjadi prospek untuk bisnis Anda.
Sekarang setelah Anda tahu betapa hebatnya video itu, dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi bisnis Anda, mari kita lihat beberapa trik SEO yang benar-benar akan membantu Anda menentukan peringkat dengan video Anda di penelusuran Google.
Panduan berikut akan mengajarkan Anda:
-
- Bagaimana Peringkat Video Youtube Bekerja
-
- Cara melakukan keyword Research untuk video
-
- Cara mengoptimalkan video agar mendapat peringkat yang bagus
- Cara membuat tautan & mempromosikan video Anda
1. Memahami Bagaimana YouTube Memberi Peringkat Video-nya
Kepemilikan Google atas YouTube telah membantu platform berubah menjadi pembangkit tenaga listrik untuk penelusuran video, mengindeks pengindeksan instan yang aman, dan juga membantu mengamankan tempat preferensial di SERPs (untuk kueri tertentu). Seperti Google, YouTube juga menggunakan beragam metrik untuk memberi peringkat pada video.
Mengandalkan hanya pada kata kunci dan deskripsi ketika datang ke YouTube SEO tidak akan memotongnya. Ada beberapa area yang dapat Anda fokuskan untuk meningkatkan visibilitas video Anda:
-
- Tampilan & frekuensi
-
- Jumlah pelanggan
-
- Anotasi menghubungkan
-
- Flagging
-
- Suka tidak suka
- Shares
- Favorit
Tujuan YouTube SEO melibatkan pengoptimalan, tidak hanya konten video Anda, tetapi juga daftar putar, meta-data, dan deskripsi untuk pencarian.
2. Penelitian Kata Kunci Untuk Video
Memiliki peringkat video Anda di YouTube itu hebat, tapi tahukah Anda apa yang lebih baik? Peringkat di YouTube DAN Google! Meskipun benar bahwa Google memberi perlakuan istimewa kepada YouTube di SERPs, ini hanya berlaku untuk kata kunci tertentu. Kata kunci ini biasa disebut sebagai “kata kunci video”.
Sebelum mulai mengerjakan klip berikutnya, Anda mungkin ingin memasukkan kata kunci yang ditargetkan ke google untuk melihat apakah ada video yang muncul di halaman hasil mesin pencari. Kata kunci video masuk akal hanya untuk topik tertentu.
Google umumnya akan menampilkan “hasil video” untuk kata kunci berikut:
- Ulasan produk atau perangkat lunak.
- Tutorial (mis., “Cara memasang Adobe Photoshop CS6”)
- Kata kunci sebenarnya (misalnya “cara membuat omlette”).
- Video lucu (mis., “Kucing lucu gagal”)
- Apapun olahraga, kebugaran, atau fashion yang terkait.
Intinya: Jangan berinvestasi di video sebelum memeriksa SERPs dan mengevaluasi potensi organik.
3. Sinyal YouTube di Laman
Ada beberapa elemen di laman yang dapat Anda optimalkan untuk meningkatkan visibilitas Anda dengan video YouTube:
Jadikan nama file video Anda kata kunci Anda
Sama seperti menyimpan gambar untuk tujuan SEO dalam kode, menambahkan nama deskriptif ke file video Anda akan meningkatkan visibilitas organiknya.
Letakkan kata kunci Anda di judul video.
Di bagian header video Anda, Anda dapat menambahkan tautan yang akan mengarahkan pengunjung ke laman yang relevan (misalnya di balik layar untuk video, profil media sosial, dsb.). Ada sekitar 14 pilihan yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan visibilitas konten video Anda.
Tulis Panjang, Keyword-rich Video Description
Seperti yang telah kami sebutkan, YouTube dan Google tidak dapat melihat atau mendengarkan video Anda. Ini berarti kedua platform sangat bergantung pada teks yang mengelilingi video untuk memahami topiknya. Deskripsi 30 kata tidak akan banyak berguna bagi Anda.
Seperti halnya dengan konten dalam bentuk panjang, semakin banyak YouTube mengetahui tentang video Anda, semakin yakin akan menentukan peringkat untuk kata kunci yang Anda targetkan. Anda harus menetapkan deskripsi panjang 200-400 kata yang akan membantu Anda menentukan beberapa variasi kata kunci Anda.
Masukkan banyak tag kata kunci.
Masukkan semua jenis tag dan variasi untuk video Anda. Anda dapat menemukan tag yang digunakan pesaing dengan melihat HTML dengan kata kunci meta, atau dengan menggunakan plugin ini.
Buat Transkrip Video Berkualitas Tinggi
Perayap tidak bisa menafsirkan isi video dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan. Transkrip video mewakili aset besar untuk penelusuran karena dapat dirayapi oleh mesin telusur. Selanjutnya, transkrip video dapat dioptimalkan untuk memasukkan kata kunci Anda yang paling penting. Ini akan membantu Anda memberi tahu perayap tentang video Anda.
Banyak YouTuber menggunakan transkrip otomatis sebagai titik awal mereka. Ini adalah ide bagus, tapi Anda harus membersihkan dan mengganti kesalahan secara manual agar teks bisa dibaca. Pilihan lain adalah membuat transkrip secara manual sebelum membuat video, tapi ini adalah proses yang memakan waktu.
Manfaat SEO untuk menambahkan transkrip pendek dapat dilihat dari beberapa hari pertama.
4. Promosi & Membangun Link Untuk Video
Setelah benar-benar mengoptimalkan video Anda dengan langkah-langkah di atas, saatnya untuk melakukan promosi.
Karena YouTube BENAR-BENAR peduli terhadap metrik, ia ingin memberi peringkat pada video yang mendapatkan banyak penayangan, tautan, dan sematan.
Anda ingin mendapatkan banyak perhatian pada video saat Anda mempublikasikannya sesuai keinginan Anda. Inilah yang harus dilakukan:
Dapatkan pemandangan alam sebanyak mungkin secepat mungkin
Setelah Anda membuat video, Anda ingin mengirimkannya ke daftar email Anda dan publikasikan ke semua saluran media sosial Anda.
Terus dapatkan pandangan dengan cara alternatif
Anda juga dapat menjalankan iklan ke video agar tampilan tetap kuat hingga berada dalam peringkat jika Anda tidak memiliki opsi lain untuk tampilan alami.
Mulai bangun link ke video dan dapatkan embeds
Anda ingin membangun tautan ke video dan mendapatkan embed juga. YouTube dapat menyerap banyak jenis tautan yang ingin Anda buang.
Minta teman / pengikut / komentar dan berlangganan.
Ini adalah cara yang bagus juga – mendapatkan suka, berlangganan dan berkomentar. Pastikan Anda memiliki CTA dalam video untuk menyukai, memberi komentar, dan berlangganan.
sumber: The Hoth